Kamis, 10 Juli 2014

mesin-cbr150


Jika diturut dari kakak kakaknya yang sudah lahir terlebih dahulu seperti Honda CBR150R dan Honda CB150R , dua motor ini telah memboyong sistem mesin DOHC. Kemungkinan besar untuk unit K45 atau CBR lokal jga ikut memboyong mesin DOHC.

Nah , Meski sudah banyak blog blog atau pun sumber sumber informasi yang sudah membahas apa mesin DOHC , namun menurut pengalaman kami dari forum atau pun kumpul barang masih ada teman teman yang paham tentang DOHC.Oleh karenanya kami akan memcoba menghadirkannya di blog ini dengan gambaran yang gampang.

Langsung saja
dimulai dari Singkatanya DOHC atau Double OverHead Camshaft adalah mesin yang memiliki dua camshaft (noken as) yang berada kepala silinder. Mesin ini sudah tidak menggunakan rocker arm dan push rod.Jadi dengan hilang dua komponen tadi mampu menurunkan gaya gesek berlebih ketimbang mesin SOHC.Dengan jumlah 4 katup ( 2 katup in , 2 katup out ) dari mesin DOHC yang setiap katupnya di gerakan oleh 1 camshaft mengahasilkan tenaga yang lebih besar dan mendatangkan kitiran mesin RPM lebih tinggi karena bahan bakar yang masuk lebih banyak dan keluar lebih cepat . Maka jangan heran kalau teriakan mesin DOHC lebih kenceng.

Meski begitu kekurangannya tetap ada yaitu bahan bakar lebih boros.
Sekian dari kami kalau ada yang berkenan menambahkan silakan beekomentar

Semoga bermafaat

0 komentar:

Posting Komentar